Narasumber : Ogi Prastomiyono sebagai Compliance and Human
Capital Director
Indonesia saat ini merupakan Negara ke 58 dari 60 negara
dengan global talent index terbesar. Jumlah usia produktifnya tinggi. Pada
tahun 2012, Indonesia merupakan 26 largest economy the world sehingga
dikategorikan sebagai G20. Pada tahun 2030 nanti, Indonesia akan menjadi Negara
ke 7 ekonomi terbesar dunia. Namun pada saatnya nanti, apakah masyarakat
Indonesia sendiri yang akan berkiprah dibalik kenaikan ekonomi Indonesia?
Sedangkan invasi global sudah semakin banyak dan nantinya bisa saja pencapaian
seperti ini dinikmati oleh warga asing yang bekerja di Indonesia ketimbang
orang Indonesia itu sendiri.
Mandiri sebagai BUMN memiliki tujuan mulia (noble purpose) yaitu Employee Value
Preposition yang dianggap sebagai Internal Employee Brand. Employee value
preposition merupakan pertemuan value individu dengan value perusahaan, hal ini
menjadikan pekerjaan lebih ringan. Hal inilah yang membentuk value untuk
nasabah Indonesia. Sehingga Mandiri membuat motto Spirit memakmurkan negri /
Prosperous Spirit! Motto ini berlaku pada 4 dimensi kehidupan manusia yaitu
aspek fisikal, spiritual, intelektual dan emosional.
Bagaimana caranya mandiri membangun Indonesia? Diantaranya
dengan program Mandiri bersama mandiri, ini diperuntukan bagi orang-oang yang
ingin berwirausaha. Kemudian mereka juga mengalokasikan dana untuk pendidikan
dan terakhir pada lingkungan.
Kemudian penjabaran berikutnya di presentasikan oleh bapak
Abdul Rachman sebagai direktur Institusional Banking. Beliau menjelaskan
mengenai transformasi dari bank mandiri itu sendiri.
Pada tahun 1997 dimana terjadi krisis moneter yang
berkepanjangan mengakibatkan sebagian besar bank di Indonesia bangkrut yang
kemudian pada tahun 1999, dari 7 bank Negara yang ada, 4 bank di merge menjadi
1 dan muncullah Bank Mandiri. Penggabungan 4 bank bukanlah hal yang mudah,
ditambah lagi Bank Mandiri adalah bank yang sebagian sahamnya dipegang publik
dan sebagian lagi dipegang stake holder. Sehingga aspirasi rakyat turut
berpengaruh pada segala pengambilan keputusan dari Bank Mandiri.
Setelah itu Bank Mandiri mengalami yang disebut dengan
krisis kedua pada awal tahun 2005 yang akhirnya mengubah total manajemen yang
ada selama ini. Perubahan manajemen ini untuk menjadikan bank mandiri sebagai
regional champion.
Keberhasilan yang dicapai Bank Mandiri sekarang bukan hal
yang mudah, terjadi perubahan besar-besaran dari segala aspek terutama budaya
kerja. Mereka menerapkan yang namanya 5 culture values yang dikenal dengan
TIPCE, Trust, Integrity, Professionalism, Customer Focus dan Excellence.
Bagaimana
caranya? Dengan membuat yang namanya change management team yang dipegang oleh
para pimpinan Bank Mandiri kemudian turun kebawah ke yang namanya change agent
dimana mereka menerapkan value ke sesama karyawan dan nasabah. Satu orang
bertanggung jawab sebagai agent of change 4 orang.
Suatu perusahaan tidak akan menjadi lebih baik jika tidak memiliki
etika kerja yang baik dan didukung oleh seluruh karyawannya, dari pimpinan
tertinggi sampai pegawai terluar.
No comments:
Post a Comment