Friday, June 28, 2013

Academic Writing


Academic Writing yang disampaikan oleh Prof Moh. Nasikin ini membicarakan mengenai pentingnya publikasi ilmiah. Berhubung kami disini adalah calon-calon mahasiswa master dan doctor, materi ini akan sangat berguna ke depannya.

Publikasi itu penting karena riset yang akan kita lakukan nanti merupakan sesuatu yang baru, terutama untuk mahasiwa calon doktor. Kita membawa kebaruan atau istilah lainnya adalah novelty sehingga harus dipublikasikan untuk pemberitahuan bahwa kita sudah menjalankan suatu riset. Sehingga hal ini mencegah adanya duplikat atau kesamaan riset yang dilakukan dari misalnya institusi yang berbeda. Selain itu, publikasi ini dilakukan agar orang lain dapat melihat riset yang kita buat sehingga mungkin nantinya bisa menjadi referensi untuk riset orang lain yang membacanya.

Syarat hasil riset dapat dipublikasikan adalah selain novelty, dapat menyelesaikan masalah dan punya kontribusi pada ilmu pengetahuan sehingga hasil dari penelitian tersebut bisa digunakan. Selain itu juga dilakukan state of art dimana dirunut ke belakang riset-riset terdahulu untuk meyakinkan orang bahwa riset yang kita lakukan merupakan sesuatu yang baru.

Menurut Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Dengan melakukan publikasi pada jurnal ilmiah, maka suatu penelitian bisa dikatakan telah teruji secara substansi dan hasil dari penelitian tersebut bisa dimanfaatkan oleh banyak pihak

Bagaimana cara mendapatkan idenya? Jangan melihat terlalu jauh, mulailah dari isu yang dekat dengan lingkungan anda dan kemudian disangkutpautkan dengan masalah bangsa.

Susunan publikasi secara umum adalah :
- Judul : maksimal 20 kata, menggambarkan seluruh pekerjaan
- Abstrak : berisi 4 pokok pikiran, yaitu masalah yang diselesaikan, state of art, metode yang dipakai dan hasil riset (dalam bentuk hipotesa)
- Pendahuluan : penjelasan detail dari abstrak yaitu masalah yang diselesaikan dari masalah secara umum, tujuan riset, state of art, metode riset yang dipakai.
- Metode : bahan, alat, variabel, dll.
- Hasil dan Riset : menampilkan data dan membandingkan dengan data dan riset sebelumnya
6.     Kesimpulan : menyimpulkan sesuai tujuan dan menjawab hipotesis
Daftar Pustaka

No comments:

Post a Comment